Sorry ya sebelumnya, beberapa belakangan ini Gw lebih sering ngebahas soal Mobile Phone. Yah, tapi mau gimana lagi… Emang ini yang lagi ada di otak Gw sekarang, hehehehe… :).
Nah, untuk kali ini Gw bakal bahas mengenai penamaan baru yang bakal atau bahkan telah diusung oleh Sony Ericsson.
Note: Untuk penyuka merk lain jangan cemburu lho… 😀

Hape –hape Sony Ericsson kini telah punya penamaan baru. Pastinya dengan penamaan baru ini, nantinya bakal lebih teratur dan lebih informatif bagi para penggunanya. Beberapa produk barunya telah menerapkan sistem penamaan ini.

Nah, perubahan pertamanya adalah hilangnya embel-embel huruf “i” yang biasa ada dibelakang nama seri hape Sony Ericsson untuk wilayah Asia Pasifik. Sementara untuk wilayah lain semisal China dan Amerika Serikat belum ada konfirmasi lebih lanjut. Penamaan ini mulai berlaku di hape –hape Sony Ericsson, seperti C902, C702, G900 dan G700. Namun sayangnya, produk-produk baru tersebut belum masuk ke pasaran Indonesia. Nggak tahu kapan, tapi ditunggu aja…

Perubahan yang kedua adalah bergantinya deskripsi seri “S”. Jika selama ini kita mengenal “S” series punya arti “Swivel/Slider” yang mengedepankan unsur desain, mulai “besok” seri “S” berarti “Snapshot”, yang merupakan “camera phone” dari bagian “imaging product category”. Mungkin terlihat mirip dengan seri Cyber-Shot, tapi seri “S” akan berbeda dari “C” series, terutama untuk desain dan fiturnya.

Untuk produk yang fokus di desain, seri yang akan diterapkan oleh Sony Ericsson adalah seri “T”. Seri “T” memiliki deskripsi sebagai “Outstanding Desain and Premium Materials”. Tahu nggak tuh artinya? Itu artinya, pihak Sony Ericsson akan menerapkan desain dan material mewah di produk tersebut. Sebenarnya Sony Ericsson sendiri telah menerapkannya di T250i, dimana T250i telah memiliki desain dan material mewah untuk kelas entry level.

Seri-seri baru lainnya adalah “X” untuk Xperia (Udah liat Xperia X1 belum? Tu ponsel kerenzz banget, sistem Operasinya aja udah Microsoft Mobile 6.0 layaknya PDA), “R” untuk Radio, dan “G” untuk “Generation Web”, jenis hape yang mengedepankan fungsi internet. Untuk seri “P” dan “M” kemungkinan akan dihilangkan, tapi lagi-lagi belum ada konfirmasi dari pihak Sony Ericsson sendiri.


Terakhir adalah memberlakukan “rumus” penamaan produk yang memiliki nama empat karakter (Lihat deh gambar diatas…). Rumusnya itu, Prefix + Tier + Generation +
Form Factor. Prefix (huruf di awal nama) menunjukkan tipe atau seri (“C” untuk Cyber-Shot, “W” untuk Walkman, dll). Tier (angka pertama setelah prefix) menunjukkan kelas produk berdasarkan fitur (9-8 kelas High-end, 5-7 Midle-end, dan seterusnya). Angka kedua atau ditengah menunjukkan Generation (generasi) tipe hape. Angka terakhir menunjukkan Form Factor (0-2 berarti Candybar, 3 dan 5 berarti Slide, 6-8 adalah Clamshell).

Udah ngerti kan sekarang tentang penamaan produk-produk baru Sony Ericsson?
Ya udah kalo gitu, lanjooooeeeet. . .