Halooo..!!! Pa kabar semuanya..??
Gue berharap lu semua baik-baik aja…. . .

Hmmm, sebelumnya gue pengen ngucapin met puasa aja buat kamu-kamu yang menjalankannya, moga lancar-lancar aja ya puasanya…. . .
Emang rada telat sih, tapi daripada gak sama sekali, hhoo…. . .

Gue juga minta maaf banget karena postingan gue kali ini tidak sesuai dengan yang gue bilang kemarin. Tapi apa mau dikata, akhir-akhir ini gue emang baru bisa nge’blog lagi. (Kayak orang penting aja gue, heheheh…e. . .)

Ok, postingan gue kali ini menyangkut virus pada ponsel-ponsel bersistem operasi, terutama yang bersistem operasi Symbian. Sebenerya topik ini udah lama banget pengen gue posting, tapi ya gitu deh..GAK SEMPAT-SEMPAT, hehehe…. . .

Lanjuuuut…. . .
Virus pada ponsel sebenarnya sudah ada sejak lama, tapi makin hari jumlah virus pada ponsel pun makin bertambah seiring dengan pekembangan teknologi. . .
Nah langsung aja, ini dia macam-macam virus ponsel yang ada pada saat ini:

1. Trojan
Dua program kuda Trojan kembali muncul dan mengincar ponsel berbasis Symbian. Trojan ini mampu melumpuhkan perangkat cerdas, bahkan sampai ke fungsi dasarnya. Kedua Trojan yang baru ditemui ini mampu melumpuhkan Smartphone hingga semua fungsinya hilang, kosong seperti pertama kali diambil dari pabrik. Program yang dinamai Gavno.a dan Gavno.b ini, tampil dengan menyamar sebagai file tambahan (Patch), dikemas sedemikian rupa untuk mengelabui pengguna Smartphone sehingga mau mendownloadnya.

2. Skulls
Virus ini bisa membuat Smartphone menjadi bodoh.Virus ini mengancam ponsel pintar bersistem SymbianOS. Skulls bisa mematikan aplikasi ponsel. Program jahat itu menyamar sebagai program biasa namun menyimpan fungsi-fungsi jahat yang dijalankan tanpa sepengetahuan si pengguna. Karenanya, Skulls dikategorikan sebagai Trojan Horse. Skulls beredar di internet lewat beragam situs download Symbian. Pengguna ponsel dengan system operasi tersebut (Umumnya dengan merek Nokia) perlu berhati-hati apabila mendownload file bernama “Extended Theme manage” atau “Tee-222”. Saat diaktifkan, Skulls akan mengubah seluruh icon aplikasi standar ponsel korban menjadi gambar tengkorak dengan dua tulang bersilangan, persis lambang klasik bajak laut. Gawatnya, semua aplikasi yang iconnya diganti tidak bisa berfungsi lagi. Akibatnya. Skulls sukses menjadikan ponsel Smartphone layaknya pesawat telepon tradisional yang hanya mampu menerima dan membuat panggilan telepon. Fungsi SMS, MMS hingga aplikasi pintar lainnya akan dimatikannya. Menyebalkan bukan..?? Hehehehe…. . .

3. Cabir
Virus ini pertama kali dikenalkan oleh kelompok pembuat virus bernama “29A” (Gak tahu juga artinya paan, hehehehe. . .…). Menurut perusahaan antivirus f-Secure, virus yang memanfaatkan teknologi Bluetooth itu telah menyebar hingga ke-12 negara di seluruh dunia (Kayak virus flu burung aje ye. . .… :D). Dari 15 varian yang diketahui, virus paling jahat adalah Cabir yang mampu menguras baterai dan menyebar berkali-kali lewat Bluetooth. Hypponen memperingatkan penyebaran Cabir yang semakin meluas bisa menjadi mimpi buruk penyebaran virus di ponsel. Cabir menyebar pada ponsel jenis Smartphone yang menjalankan system operasi Symbian. Penyebarannya relative lambat karena menggunakan Bluetooth, yang radius jangkauannnya hanya 10 meter.

4. Lasco
Virus ini kemampuan menyebarnya melalui dua cara, yaitu memanfaatkan koneksi Bluetooth dan melampirkan dirinya di dalam file-file. Hal ini dianggap revolusioner karena selama ini virus-virus ponsel menyebar hanya melalui satu mekanisme. Virus Lasco.A akan melampirkan dirinya sendiri pada file aplikasi manapun di ponsel yang menggunakan system operasi Symbian. Virus ini kemudian diaktifasi ketika pemilik ponsel mengklik file tersebut dan menginstalnya pada ponsel mereka.

5. Timfonica
Virus ini sempat membuat panik pengguna ponsel di Spanyol. Virus ini bersembunyi dibalik perusahaan telepon Spanyol Telefonica. Virus ini mengirim pesan ke pelanggan GSM melalui fasilitas pengiriman pesan Movistar. Metode penyebaran Timfonica tidak berbeda dengan cara umum yakni melalui Email. Sebaran kedua Timfonica melalui fasilitas SMS. Dari server komputer, pesan akan diubah menjadi sinyal telepon dan akan dikirim ke ribuan pemakai ponsel lainnya.

6. CommWarrior
Setan satu ini (Sebel banget ma ni virus, soalnya udah pernah kena di Hape gue…) menyebar melalui layanan Multimedia Messaging Service (MMS). Virus ini aktif begitu file attachment dibuka. Hal pertama yang dilakukannya adalah menelusuk ke file nomor telepon yang tersimpan, untuk kemudian mengirimkan salinan dirinya ke semua nomor yang ditemukannya, tentu saja melalui MMS. Jika sudah begitu, seluruh pulsa korban pun ikut habis terkuras dibuatnya. Karena menyebar melalui MMS, cara aman menghindari serangan virus ini adalah jangan gegabah membuka sembarang MMS. MMS seperti “3Dgame for me. It is FREE” dan “Nokia Ringtone Manager for all models”. Selain mampu menyebar melalui MMS, virus ini juga mampu menyebar antar ponsel yang tengah terhubung Bluetooth. Disarankan, jika sudah terlanjur terinfeksi, CommWarrior bisa segera dilumpuhkan dengan cara menekan dan menahan tombol menu yang ada pada ponsel, lalu memilih menu CommWarrior dari daftar aplikasi yang muncul, lalu tekan tombol “C” atau “Clear”. Atau gunakan saja anti virus yang telah tersedia untuk melumpukan virus ini, semisal Anti-CommWarrior.

Ok, udah pada tahu kan macam-macam virus pada ponsel. So, be careful, Ok..!!