Weleh..weleh, negara tetangga yang satu ini emang gak bosan-bosannya berulah. Sekarang Tari Pendet dari Bali itu diklaim sebagai tarian milik negeri mereka.

Oh..GOSH, cukup sudah kalian mengklaim lagu Rasa Sayange, Keris, Bunga Raflesia Arnoldy, Reog Ponorogo, Batik dan juga Angklung.
Enough..!! marah

Apa kalian emang negara serumpun..??
Negara yang mempunyai rasa toleransi..?!

Hufh, sepertinya tidak sama sekali.
Dimana rasa saling menghargai itu..??
Dimana..?!
Sungguh ironis memang, negara yang KATANYA serumpun itu tega MENCURI karya milik negara tetangganya.

Oh..ya, apa yang kalian banggakan dengan mengklaim seperti itu..?!
Mau mencari sensasi..??
Uuuh, NGGAK MUTU BANGET..!! merajuk

Apa yang kalian lakukan itu sama halnya dengan tidak menghargai hasil kebudayaan MILIK KAMI, Bangsa Indonesia.

Ayolah berkaca..!!
Semua orang pun tahu bahwa Tari Pendet itu milik Indonesia, bukan Malaysia..!! marah
Orang mancanegara pun tahu akan hal itu.

Tidak malukah kalian, negara yang hanya bisa klaim sana sini tanpa bukti-bukti yang valid..??
Atau…
Jangan-jangan kreatifitas kalian sudah nggak ada..??
Hah..?!

Ooh…habis sudah kesabaran kami.
Janganlah rasa nasionalisme ini kau lukai lagi..!! tension

Tapi mungkin bangsa ini juga harus introspeksi diri.
Masih banyak hal yang harus kita ubah.
Mungkin kita harus lebih melestarikan kebudayaan bangsa ini agar tidak ada lagi klaim disana-sini.
Pemerintah pun seharusnya ikut andil dalam menjaga kebudayaan milik bangsa ini, JANGAN HANYA DIAM kayak sapi ompong..!!

Gue minta maaf banget kalo postingan ini menyinggung banyak pihak.
Tapi apa daya, sebagai anak Indonesia jelas gue prihatin dan gusar atas tindakan negara Malaysia yang SUNGGUH memalukan itu..!!!
Yang jelas, TARI PENDET ASLI INDONESIA..!!

Merdeka..!! kenyit

Foto diculik dari: kfsemarang.com