Postingan ini masih seputar layanan Push Email GRATIS (Gratis biaya bulanan).Namun, kali ini kita akan menggunakan sebuah aplikasi, yakni Mail for Exchange. Aplikasi ini sangat umum kita temukan di ponsel Nokia dengan sistem Operasi Symbian S60v3 maupun S60v5, contohnya N73, N76, E50, E51, E63, E71, 5730 XpressMusic, 5800 XpressMusic, N97, dan lainnya. Dengan aplikasi tersebut, kita dapat melakukan sinkronisasi Email, kalender dan kontak dengan account Gmail kita. (Untuk saat ini, hanya Gmail yang mendukung layanan Mail for Exchange secara GRATIS dan FULL ).

Sebenarnya tak hanya ponsel milik Nokia saja yang mendukung layanan ini. SmartPhone lainnya semisal BlackBerry dan iPhone pun dapat menjejalkannya. Hanya saja, settingannya sedikit berbeda dan dengan aplikasi yang berbeda pula.

Nah..berikut ini gue akan bantu gimana caranya mensetting layanan Push Email dengan menggunakan aplikasi Mail for Exchange milik Nokia. (Maaf, lagi-lagi Nokia. Hape gue emang Nokia doank sih, hehehe… sengihnampakgigi)

Cara pengaturannya cukup simpel, hanya perlu di otak-atik sedikit saja. Berikut langkah pengaturannya.

1. Buka aplikasi Mail for Exchange yang terdapat pada ponsel Nokia kamu.
Tampilan ikon aplikasinya seperti dibawah ini.


Jika aplikasi tersebut memang tidak ada, jangan khawatir. Beberapa ponsel Nokia memang ada yang tidak menyertakan aplikasi tersebut di dalam ponsel. Untuk itu, kamu perlu mendownloadnya terlebih dahulu melalui situs Nokia maupun melalui Ovi Store (Silahkan klik link tersebut).

2. Setelah aplikasi tersebut berhasil dibuka, maka kita akan dimintai konfirmasi apakah ingin membuat profil Mail for Exchange baru atau tidak. Nah, silahkan klik “YA / YES”.

3. Setelah meng’klik “YA / YES”, maka kita diminta untuk mengisi seluruh data dengan lengkap. Silahkan kamu isi data-data tersebut seperti gambar dibawah ini.

Jika sudah, klik “OKE / OK”.
Saat itu juga Mail for Exchange akan menyambung ke server.

4. Setelah menyimpan pengaturan tersebut, maka kita akan kembali dihadapkan dengan data-data yang perlu kita isi kembali. Untuk itu, silahkan isi data-data tersebut seperti apa yang ditampilkan pada gambar berikut.


Jika sudah berhasil melakukan pengaturan tersebut dengan benar, silahkan simpan pengaturan tersebut. Caranya, klik “PILIHAN / OPTION”, lalu pilih “SIMPAN / SAVE”.
Tereeeeeng…SELESAI. Push Emailnya udah jadi. senyum

 


Note:

Jika ingin mengatur interval waktu sinkronisasi Emailnya (pengambilan Email secara otomatis dan berkala), maka bisa kamu tentukan pada menu “Mode Sync”-nya. Kalau mau aktif terus, pilih saja “SELALU AKTIF / ALWAYS ON”. Cuma saran gue, kalau tidak terlalu sering menggunakan layanan Emial, maka sebaiknya interval waktunya dibuat agak lama saja agar gak boros PULSA dan BATERAI. sengihnampakgigi

 


Owh.ya, bagi kamu pengguna Telkomsel, ada sedikit TIPS nih. Biar ngenet’nya lebih murah, maka kamu bisa menggunakan Telkomsel Flash dengan limit yang lebih GEDE dari biasanya. Jika biasanya dengan pulsa Rp.10.000,- hanya dapet kuota sebanyak 15 MB dalam sebulan, maka dengan cara ini kamu bisa mendapatkan paket dengan kuota yang lebih banyak, yakni 35 MB lebih.

 

Caranya:
1. Daftar di layanan Komunitas Sekolah Telkomsel atau Komunitas Kampus Telkomsel. Jika ingin mendaftar dengan menggunakan kode kampus gue, silahkan ketik: KAMPUS (spasi) USTJ, kemudian kirim ke 8888 (GRATIS).

2. Setelah mendapatkan informasi bahwa telah berhasil bergabung di komunitas tersebut, maka saatnya melakukan order Telkomsel FLASH-nya. Silahkan ketik: FC (spasi) ON (spasi) 10000, kemudian kirim ke 3636. Tunggu SMS balasannya dan ikuti petunjuk selanjutnya.

Selesai deh.
Gampang banget kan..??? kenyit