Tinggal menghitung jam, siswa/i SMA di seluruh Indonesia bakal mengikuti ujian nasional. Gue jamin, pasti banyak banget yang saat ini sedang sibuk belajar.Saran gue sih, belajarnya gak perlu sampai gila-gilaan. Santai aja lagi,  gak usah ngotot. tension Ntar kalo ngotot, apa yang dipelajari malah gak masuk di otak.

Ngomong-ngomong soal ujian nasional, gue jadi ingat deh sama pengalaman pribadi sewaktu SMA dulu. Jujur nih, sewaktu malam menjelang UN, gue gak pernah yang namanya belajar. Boro-boro deh belajar, nyentuh buku pelajaran aja NGGAK, wkekekekke… gelakguling Tapi beruntunglah, gue bisa lulus juga dengan nilai yang memuaskan, xixixxiix… sengihnampakgigi

Oh..ya, nih ada sedikit tips untuk menghadapi UN hari ini dan seterusnya.
Tipsnya berdasarkan pengalaman pribadi lho. sengihnampakgigi

1. Carilah teman sebanyak-banyaknya.
Hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah mencari teman sebanyak-banyaknya. Tapi ingat, carilah temen yang senasib, yakni yang sama-sama akan mengikuti Ujian Nasional. Kalo pengen dapet banyak informasi, ya..mesti gitu.

Owh..ya, teman yang kalian cari jangan hanya dari satu sekolah aja, tetapi dari sekolah lain pun sangat diperlukan. Kalo udah UN gini, mesti banyak informasi yang kita perlukan. Tau kan maksudnya? xixixix… setan

2. Datang ke sekolah jam 6 pagi.
Buat apa sih dateng ke sekolah pagi gitu..?? Eitzz..jangan salah, dateng ke sekolah jam segitu adalah waktu yang tepat. Dari pantauan dan pengalaman gue, jam segitu udah banyak banget siswa yang dateng ke sekolahan. Nah..disitu kita bisa bertukar informasi dengan teman-teman lainnya. Kali aja kan ada temen kita yang udah dapet bocoran soal..?? Wkekekekekek…. gelakguling

3. Siapin kertas kecil sebanyak mungkin.
Buat apaan sih kertas kecil..?? Kertas kecil sangat berfungsi disaat ujian nasional, yakni sebagai alternatif apabila kita tidak mempunyai Handphone. Selain berfungsi sebagai media untuk menulis kunci jawaban, kertas kecil juga berfungsi untuk bertanya kepada temen lainnya apabila kita sudah “ngeblank”. Yup…apabila kita gak tau lagi mau jawab apa, ada baiknya segera bertanya kepada teman. Yang perlu dilakukan adalah cukup menulis nomor soal yang ingin ditanyakan, lalu lempar deh ke arah teman yang bisa dipercaya.

Tapi ingat yah, nanyanya jangan berlebihan, mesti kira-kira. Jangan semua soal ditanya, ntar yang ada malah si temen malah jadi sebel dan akibatnya ngasih jawaban yang SALAH. Kan bisa berabe tuh. gelakguling

4. Beri titik kecil.
Apaan sih maksudnya..?? Kalo emang kalian udah dapet kunci jawaban (semoga aja, xixixix… setan), ada baiknya segera tandai lembar kunci jawaban anda dengan dengan jawaban yang kalian dapat. Tandai dengan memberi tanda titik, yang kecil aja yah. Dengan begitu, kalian gak perlu lagi mesti buka kunci jawaban kalian berkali-kali. Cari aman aja, biar gak katahuan sama pengawasnya, hahahaha… gelakguling

5. Santai Aja.
Saat mengerjakan soal UN, ada baiknya santa aja. Gak perlu panik atau gugup saat mengerjakan soal-soal tersebut, apalagi dengan membuat gerakan tambahan. Ntar bisa-bisa pengawasnya malah jadi curiga lagi. Kalo udah gitu, bisa repot sendiri. Si pengawas malah jadi over protektif dalam mengawasi gerak-gerik kita. sengihnampakgigi

6. Berdoa
Selain usaha, semua itu harus dibarengi dengan doa. Apabila kalian nyontek dalam UN, maka berdoalah untuk meminta ampunan dari-Nya, hehehe… sengihnampakgigi Dan…jangan lupa untuk berharap pada-Nya agar diberi mukhjizat. Siapa tau aja jawaban kamu yang tadinya salah ntar jadi benar.

Oke, segitu aja tips ngawur dan menyesatkan dari gue. setan
Semoga berhasil dan bisa lulus dengan nilai yang memuaskan.