Hari kamis kemarin, gue dan 2 orang temen kampus gue pergi untuk menyaksikan Festival Danau Sentani. Yaaa… hitung-hitung buat refreshing setelah seminggu lebih dipusingkan dengan Ujian Akhir Semester (UAS). Sekedar info, Danau Sentani merupakan salah satu danau terbesar yang ada di Provinsi Papua. Danau ini membentang luas dibawah lereng pegunungan Cyclops. Indah banget! kenyit

Festival Danau Sentani merupakan acara tahunan yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Jayapura. Untuk tahun ini, Festival Danau Sentani telah mencapai tahun yang ke-3 dengan mengambil tema “Loving Culture For Our Future – Cinta Budaya Untuk Masa Depan Kami”. Maksud diadakannya festival ini tak lain untuk menarik wisatawan lokal dan juga mancanegara. Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai ajang promosi Papua.

Fetival Danau Sentani III diadakan sejak tanggal 19-23 Juni 2010. Itu berarti, kegiatan ini telah usai sejak kemarin, hehehe… sengihnampakgigi Oh..ya, seperti tahun-tahun sebelumnya, Festival Danau Sentani III juga dilaksanakan di Kalkhote, Asei, Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua. Acaranya lumayan seru. Selain menampilkan pentas budaya dan kuliner masyarakat sekitar Danau Sentani, acara ini juga disemarakkan oleh stand-stand yang menjual pernak-pernik asli masyarakat Papua, semisal Koteka, Noken, dll.

Berikut ini adalah hasil “jeprat-jepret” gue pada Festival Danau Sentani III kemarin. Cekidot!

Tari-tarian Adat Masyarakat Setempat

Muter-muter Danau Sentani dengan perahu motor

Perahu motor yang “ngikut” di belakang gue

Arus airnya cukup kenceng cuy!

Detik-detik sebelum perahu motornya jalaaan!

Gaya melayang, tssaaah! sengihnampakgigi