Jika gemar menyaksikan perhelatan akbar Piala Dunia 2010, pasti kenal dengan alat musik yang satu ini. Yup..Vuvuzela! Vuvuzela adalah alat musik tradisional asal Afrika yang hingga saat ini masih menuai perdebatan. Suaranya yang bising seperti ribuan lebah yang sedang mendengung, kerap dianggap menggangu konsentrasi dan juga komunikasi diantara pemain dan pelatih.

Tak heran, banyak yang mengusulkan agar alat musik ini dilarang masuk ke dalam stadiun. Namun, tidak semua orang beranggapan demikian. Banyak diantara penonton yang senang akan keberadaan Vuvuzela ini. Suaranya yang nyaring dan cempreng justru dianggap dapat membangkitkan semangat para pemain dan penonton. Hmm, serba salah memang.

Keberadaan Vuvuzela kini tak hanya dapat dinikmati oleh warga Afrika ataupun penonton Piala Dunia 2010 saja. Karena saat ini, ponsel kamu pun dapat digunakan untuk menghasilkan suara mirip “dengungan lebah” tersebut. Para pengembang sofware untuk ponsel telah membuat Vuvuzela virtual yang dapat digunakan oleh ponsel Nokia, iPhone maupun Android. Tampilan aplikasi diantara platform agak sedikit berbeda, namun fungsinya tetap sama, yakni menghasilkan suara cempreng ala Vuvuzela.

Untuk pengguna ponsel Nokia, kamu bisa download Vuvuzela dari MMMOOO melalui Ovi Store.

Vuvuzela untuk Nokia

Untuk pengguna ponsel Android, silahkan download Virtual Vuvuzela 1.2.

Vuvuzela untuk Android

Sedangkan untuk pengguna iPhone, kamu bisa download Vuvuzela 2010 di Apple AppStore.

Vuvuzela untuk iPhone