Saat migrasi dari Blogspot ke WordPress, ada beberapa kendala yang gue hadapi. Salah satu kendala tersebut adalah bagaimana cara mentransfer Google Followers atau Google Friend Connect dari Blogspot ke WordPress.

Banyak yang beranggapan bahwa yang perlu kita lakukan hanyalah mengcopy kode Gadget Google Followers tersebut pada widget yang tersedia di WordPress. Namun, anggapan itu salah besar! Jika kita hanya melakukan hal tersebut, maka Gadget Google Friend Connect tidak akan bekerja sebagaimana mestinya. Gadget itu memang akan tampil di Blog kita, namun TIDAK akan BERFUNGSI dengan baik, dimana feed artikel terbaru dari Blog kita (WordPress) tidak akan tertampil pada Google Reader atau pun Dashboard Blogspot para followers.

Nah..untuk menyiasati masalah tersebut, gue menemukan cara yang sangat sederhana. Yang perlu kita lakukan hanyalah memperbaharui alamat feed dari Blog kita.

Sebagai contoh, alamat feed Blogger / Blogspot  gue adalah:

http://www.narzis.net/feeds/posts/default

Dan ketika beralih ke WordPress, maka gue harus merubahnya menjadi:

http://www.narzis.net/feed/atom

Untuk memperbaharui alamat feed tersebut, ikuti langkah berikut ini:
1. Install plugin Redirection dari John Godley. Untuk  cara mudahnya,  kamu bisa menginstallnya secara langsung melalui WordPress kamu dengan cara mengetik “Redirection” pada kotak pencarian “Add New” plugins. Setelah berhasil diinstall, segera aktifkan plugins tersebut.

2. Lakukan beberapa pengaturan plugins Redirection tersebut  melalui “Tools” “Redirection”.  Pada “Source URL”, masukkan alamat feed Blogger kamu. Sedangkan pada “Target URL”, masukkan alamat feed WordPress kamu.

Tampilannya seperti ini:

Redirect Feed

3. Klik tombol “Add Redirection”. Selesai!

NOTE: Hanya bekerja pada domain yang sama saat kita beralih dari platform Blogspot ke WordPress!

*Terimakasih untuk Sharon atas tips ini 🙂