#PrayforIndonesiaEntah apa yang sedang melanda negeriku ini. Begitu banyak persoalan yang membebani. Apakah semuanya sebagai pengingat dari Sang Khalik? Masih teringat di kepala kita akan banjir bandang yang melanda kota Wasior, Papua Barat. Banjir yang begitu dasyatnya hingga menelan banyak korban. Kota pun seakan mati tak berpenghuni. Bangunan yang dulunya berdiri kokoh, kini telah luluh-lantah tak tersisa. Hingga kini, infrastruktur masih belum pulih sepenuhnya. Akses untuk mendapatkan informasi dari dan keluar pun masih terasa susah. Belum lagi, masih banyak para pengungsi yang  begitu mengharapkan uluran tangan kita.

Entah kenapa belum cukup sampai disitu. Tanggal 25 oktober yang lalu, banjir tak henti-hentinya melanda ibukota Jakarta. Masalah yang kerap terjadi setiap tahunnya, seakan hanya menjadi sebuah tradisi yang terbiarkan secara terus-menerus. Mana ahlinya? Ya..seseorang yang dulu kerap mengumbar janji manis yang ‘katanya’ dapat menangani masalah banjir di pusat pemerintahan Indonesia ini.

‘Badai’ tak hanya sampai disitu.  Selasa 26 Oktober kemarin, bencana kembali menghampiri negeri ‘nan elok ini. Bahkan, bencana tersebut seakan kembar siam yang datang dihari yang sama. Ya..bencana pertama yang datang dihari itu adalah sebuah tsunami yang menyapu bersih pesisir Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat. Tsunami yang terjadi akibat gempa berkekuatan 7.2 SR itu, tak ‘malu’ merenggut ratusan korban jiwa. Ratusan korban lainnya pun hilang disapu ombak dengan ketinggian 600 cm. Bencana kedua yang datang di hari yang sama adalah letusan gunung Merapi. Gunung teraktif di dunia ini begitu ‘manis’ memuntahkan lahar dan abu vulkaniknya hingga mengakibatkan puluhan orang meninggal dunia dan ribuan orang lainnya terpaksa diungsikan.

Siapa yang mau disalahkan? Manusai? Alam? Atau Sang Pencipta? Tak ada gunanya diri ini saling menyalahkan, toh semuanya sudah terjadi. Apa yang melanda negeri ini hanyalah bagian kecil dari Kuasa Sang Pencipta. Ketika Ia sudah berkehendak atas ciptaan-Nya, maka kita sebagai umatnya hanya bisa bersimpuh dan berdoa memohon ampun pada-Nya. Semoga aja semuanya cepat berlalu, dan hari esok lebih baik dari hari ini. Let’s pray for Indonesia. Be strong Indonesia! 🙂

Tsunami Aceh 26-12-04, Gempa Jogja 26-05-06, Gempa Tasik 26-06-10, Tsunami Mentawai 26-10-10, Merapi Meletus 26-10-10.