Ada yang tahu kapan Hari Lingkungan Hidup Sedunia? Yup, hari Lingkungan Hidup  Sedunia atau World Environment Day selalu diperingati setiap tahunnya pada tanggal 5 Juni. Nah, untuk tahun ini tema yang dikeluarkan oleh United Nations Environment Programme (UNEP) adalah “Forests: Nature at Your Service”. Agar lebih sesuai dengan konteks Indonesia maka Tema Hari Lingkungan Hidup Indonesia 2011 adalah “Hutan Penyangga Kehidupan”.  Makna dari tema itu sendiri adalah bahwa hutan memiliki arti penting sebagai penjaga keseimbangan antara manusia dan lingkungan hidupnya.

Sehubungan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day) tahun 2011 tersebut, kampus gue (Universitas Sains dan Teknologi Jayapura) dan beberapa instansi pemerintah maupun swasta lainnya (PDAM Jayapura, Badan Lingkungan Hidup Kota Jayapura, LCS Group, Wahana Visi Indonesia, Conservation Internasional Indonesia, Qualala, dan Universitas Cenderawasih) melakukan aksi pembagian bibit pohon dan sticker kepada masyarakat pada hari Sabtu, 4 Juni 2011. Ini adalah kali kedua gue ikut serta dalam kegiatan serupa.

Bibit tanaman yang dibagikan berjumlah 500 bibit yang terdiri dari berbagai jenis tanaman seperti pohon Rambutan, Pinang, Sengon, Bintangur, Mahoni, Matoa dan beberapa jenis tanaman lainnya. Kegiatan tersebut dilakukan pada 2 lokasi yang berbeda, yakni di perempatan lampu merah Abepura dan pertigaan lampu merah Kotaraja. Kegiatan pembagian bibit pohon tersebut dilakukan tepat pada pukul 07.00 WIT – selesai.

Pembagian Bibit Pohon

Ada yang lucu saat dilakukan pembagian bibit pohon tersebut. Tak sedikit pengendara kendaraan bermotor yang bertanya, “Ini GRATIS atau mesti beli mas?” atau “Ini pohon apa ya mas?” :D. Oh..ya, tidak sedikit pula pengendara tersebut yang menolak bibit tanaman yang kita bagi tersebut. Alasannya sih macem-macem, misalnya “Di rumah saya sudah banyak pohon mas” atau “Waduw..di rumah saya nggak ada pekarangannya mas, nanti bingung mau tanam dimana”. Tapi syukurnya masih banyak orang yang mau menerima pembagian bibit tanaman tersebut, bahkan dengan senyuman manis :D.

Bagi Bibit Pohon
“Pak, bibit pohonnya pak. Gretongan kok! :D”

Setelah bibit tanaman tersebut selesai dibagikan, misi masih belum selesai. Kami pun segera bergegas ke lokasi berbeda untuk ikut serta dalam kegiatan penanaman pohon yang dilakukan oleh Bank Danamon. Tanaman yang ditanaman pun juga cukup beragam, ada pohon Matoa, Rambutan, Cemara, dll.

Penanaman Bibit Pohon

Wuih..cukup melelahkan memang, tapi semua itu tidak sebanding dengan apa yang sudah alam berikan untuk kita. Go Green Indonesiaku! 🙂