idblogNetwork merupakan komunitas Blogger terbesar yang ada di Indonesia. Sejak didirikan pada tahun 2010, hingga saat ini telah terdapat 4. 287 Blog yang tergabung di dalamnya. WOW! Jadi, tidak ada yang salah dengan ungkapan ”idblogNetwork Pilar Blogger”. Setujuuu kan?

Untuk tahun ini, idblogNetwork mengadakan event Blogilicious. Nah, pada event ini diadakan roadBlog hingga ke-7 kota! 7 kota yang beruntung tersebut adalah Surabaya, Medan, Makassar, Palembang, Jogjakarta, Bandung dan tentunya Jakarta. Sayang, di Indonesia Timur event ini hanya sampai di Makassar :(.

Materi yang dibawakan dalam event ini cukup beragam, mulai dari Tips Blogging, Etika Nge’blog, SEO, Blog Monetizing, Mobile Blogging, Social Media, Thema/Desain Blog, hingga Security semuanyaaa ada!

Event idblogilicious oleh idblogNetwork

idblogilicious

1. Tips Blogging
Seringkali seorang blogger berada dalam posisi seperti ini:

  • Bingung bagaimana cara menulis yang baik,
  • Sulit menuangkan ide yang ada di dalam pikiran hingga menjadi sebuah tulisan yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.

Ujung dari semua masalah tersebut adalah MATINYA sebuah blog! Blog akan ditinggalkan begitu saja oleh sang empunya karena tidak tahu bagaimana cara mengurusnya dengan baik. Sangat disayangkan memang. Nah, dengan event inilah diharapkan seorang blogger dapat memecahkan semua permasalahan tersebut.

2. Etika Ngeblog
Etika ngeblog? Yup, blogging pun ada etikanya, tidak “seenak udel” begitu saja :D. Ada kalanya seorang Blogger mengerti betul akan batas-batasan tertentu saat berkomen dan menulis artikel di Blognya, misalnya saja menyangakut SARA, Pornografi, budaya Copy Paste, dsb.

3. SEO
Blogger mana yang nggak ingin Blognya nangkring di jajaran halaman pertama Om Google, Yahoo dan Bing? Terus terang untuk soal yang satu ini gue sendiri masih awam, masih banyak belajar disana-sini :P. Dalam teknik SEO, blogger yang ikut dalam event Blogilicious akan memiliki kesempatan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan pengunjung blognya melalui search engine. Semua itu akan dibongkar secara buka-bukaan oleh suhunya :D. Enak banget ya?

4. Blog Monetizing
Blog yang kita buat dapat menghasilkan uang lho! Nggak ada salahnya kan sambil ngeblog dapat uang? Bagaimana caranya? Ada banyak cara kok, salah satunya ya dengan bergabung bersama idblogNetwork :). Dengan idblogNetwork, blog yang memenuhi syarat akan dibayar berdasarkan review yang diberikan (Cost Per Post). Ada juga CPT (Cost Per Tweet), yakni kita akan dibayar per tweet. Masih banyak lagi sih sitem campaignya. Duit hasil campaignnya lumayan gede lho, hitung-hitung bisa buat bayar sewa domain dan hosting :D. Pengen tahu lebih? Tenang..tenang, di event ini juga akan dibahas kok :D.

5. Mobile Blogging
Nge’blog tidak sebatas hanya bisa dilakukan melalui desktop ataupun komputer jinjing, melainkan bisa juga melalui media ponsel. Permasalahannya, masih banyak blogger yang belum tahu betul dalam memanfaatkan mobile blogging ini. Untuk itu, roadblog Blogilicious turut menyertakan materi ini di dalamnya.

6. Social Media
Social media saat ini seakan telah menjamur. Di ranah maya, ada begitu banyak social media yang “berkeliaran”. Nah, social media tersebut bisa kita gunakan dalam membranding diri kita sendiri dan membuat blog kita menjadi terkenal. Branding apa yang dimaksud? Hmmm…untuk lebih jelasnya, ada baiknya disampaikan langsung oleh narasumber yang lebih berbobot dari idblogNetwork ya… 😀

7. Thema / Desain
Thema atau desain turut berpengaruh dalam aktivitas ngeblog. Thema yang menarik tentu akan menambah nilai plus bagi seorang blogger. Tapi ingat, thema yang simpel, minimalis dan ringan juga turut berpengaruh lho :). Semua permasalahan menyangkut thema dan desain tersebut akan dibahas secara lengkap pada event ini. Kereeen kan? 😉

8. Security
Gue jadi ingat ketika Blog gue sempat di hack beberapa waktu yang lalu. Saat itu gue sempat kelimpungan dan cukup syok (skot jantung boss! 😀 ). Gimana tidak, Blog yang selama ini gue bangun sejak tahun 2008 menjadi error seperti itu. Namun syukur, masih bisa teratasi dengan baik. Nah, soal seperti inilah yang tentunya akan dibahas dalam event Blogilicious ini. Kita akan mendapatkan informasi yang penting dan menarik dari berbagai narasumber yang sudah terpercaya di bidangnya masing-masing :). Namanya juga idblogNetwork Pilar Blogger, pasti narasumbernya berpengalaman dong 😀

Event seperti ini sangat patut untuk diapresiasi, karena dengan demikian akan menarik minat dan bakat para blogger  atau bahkan calon blogger. Tapi sayang yah, tahun ini hanya ada di 7 kota besar (Surabaya, Medan, Makassar, Palembang, Jogjakarta, Bandung dan Jakarta). Harapan gue sih kedepannya event Blogilicious ini bisa diadakan di lebih dari 7 kota, ya..mungkin 10, 20 atau bahkan 30 kota sekaligus! 😀 Bukannya apa sih, cuma kasihan aja buat para Blogger lainnya yang tidak bisa mengikuti event sebagus ini hanya karena lokasi tempat tinggal mereka yang jauuuuuuh disana (seperti gue ini 😆 ). Akhirnya ya cuma bisa envy melihat postingan dan status twitter maupun facebook rekan-rekan blogger lainnya. Nasib..nasib, tinggal di ujung Timur Indonesia benar-benar terisolasi dari dunia luar! 😆 Oh..ya, postingan ini dibuat sekedar untuk ikut meramaikan kontes semi SEO idblogNetwork Pilar Blogger :D.