Lagi asik nonton pertandingan Sea Games cabang bulutangkis antara regu putra Indonesia vs Thailand, tiba-tiba saja ponsel gue berdering. Setelah di cek, ternyata ada sebuah email yang masuk di salah satu account Gmail gue. Wow! Pas gue liat subjeknya, gue cukup terkejut, “Your gmail Account Will Be blocked”. Awalnya gue sempat ragu, namun setelah melihat alamat email pengirim dan membaca isi email tersebut, gue yakin email tersebut benar! Wtf, my Gmail account will be blocked? Oh, no! 😯

Email from Gmail Team
Email dari Gmail Team Abal-abal 😡

Buru-buru gue nyalain laptop dan sambungin koneksi internet. Gue segera login ke account Gmail gue dan mengklik link yang tertera di email tersebut. Gue pun langsung digiring ke form login Gmail. Tanpa pikir panjang, gue segera isi form login tersebut dengan alamat email dan kombinasi password yang sesuai. Anehnya, setelah bolak-balik login, gue tetap stuck di form login tersebut. Ggrrrr..disitu gue pun mulai curiga :?.

Form Login in Gmail
Tampilan Gmail abal-abal, masih menggunakan tampilan Gmail yang lama 👿

Kecurigaan gue akhirnya terjawab sudah. Setelah gue cek link URL email tersebut, ternyata linknya bukan mengarah ke Google mail, melainkan mengarah ke situs lain! Ditambah lagi, setelah gue cek di detail Email tersebut, ada yang gak beres dengan alamat email pengirimnya. Cilaka 12, disitu gue yakin bahwa itu adalah email phishing! Gue pun segera mengambil tindakan dengan login ke account Gmail tersebut dan mengganti password lama dengan password yang baru. Beruntung, gue masih belum terlambat. Alhamdulillah ya, sesuatu! 😛

Situs Phishing
Link URL Email Phishing

Details Phishing Email
Bisa-bisanya gue ketipu 👿

Gue tidak diam begitu saja. Agar mereka nyahoo dan tidak ada lagi korban berikutnya yang mau-maunya dikibulin kayak gue, akhirnya gue melaporkan email phishing tersebut ke Google Team yang ASLI! :cool:.

Report Phishing to Google Team

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, gue pun turut mengganti password PayPal, Facebook, dan Blog yang berhubungan dengan email tersebut. Itung-itung sedia payung sebelum hujan. Waspadalah! Waspadalaaah! :mrgreen: