Hey, tahu nggak hari ini hari apa? Selasa? Yup, memang benar hari ini hari Selasa, tapi bukan itu yang gue maksud :D. Tepat hari ini, 10 Januari 2012 kita peringati sebagai Hari Sejuta Pohon. Peringatan Hari Sejuta Pohon ini tak hanya diperingati di Indonesia saja, melainkan di seluruh dunia!

Nah, dalam memperingati Hari Sejuta Pohon ini, jurusan gue Teknik Lingkungan Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ) bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup mengadakan aksi pemeliharaan pohon. Aksi ini dilaksanakan tanggal 9 Januari 2012 kemarin di Club Pecinta Alam Hirosi, Sentani.

Dalam aksi ini, jurusan gue bersama-sama dengan beberapa mahasiswa Teknik Sipil USTJ dan siswa/i SMA Negeri 1 Sentani melakukan kegiatan pemupukan pohon. FYI, pohon yang kita pupuk ini adalah pohon yang sempat kita tanam bersama-sama dengan Bapak Menteri Lingkungan Hidup pada tanggal 8 Oktober 2011 yang lalu.

Ada berbagai jenis pohon yang kita beri pupuk, seperti pohon Nangka, Durian, Matoa, dan juga Pinang. Setelah diberi pupuk, kita pun mencatat tinggi pohon, lebar daun dan diameter dari batang pohon tersebut. Hal itu dilakukan untuk mengetahui bagaimana pertumbuhan pohon setelah diberi pupuk. Ya, semoga saja menjadi lebih cepat berbuah :D.

Pemeliharaan Pohon di CPA Hirosi

Aksi Pemupukan di CPA Hirosi

Ngomong-ngomong, ada yang tahu rumus menanam pohon? Yup, jangan disangka kalau Fisika, Matematika dan Kimia saja yang mempunyai rumus. Menanam pohon pun ada rumusnya! Rumusnya simpel kok, yakni 3 M (Menanam, Merawat, dan Memanen). So, tidak hanya sekedar menanam pohon lalu dibiarkan begitu saja hingga mati! Sayang kan jadinya? :mrgreen:

Narsis Bersama Teman Kampus
Injinkan kami bernarsis ria! 😆

Oh..ya, dalam kegiatan ini gue mendapat kepercayaan sebagai salah satu panitia inti. Tugas gue pun gak sulit-sulit amat, yakni hanya membuat surat, menyiapkan pupuk (ssst..nyari pupuk Komposnya susah anyir cuy!), hingga mempersiapkan peralatan yang akan digunakan untuk memupuk. Lumayan capek sih, tapi kalo dilihat dari hasilnya jadi nggak seberapa. Semua rasa capek yang gue rasain terbayar sudah.

So, sudahkan teman semua melakukan hal yang sama untuk kebaikan alam? 🙂