“Blogmu mbok ya dipasangi plugin supaya bisa versi mobile, Zip.  Berat di buka di BB kalo gak pake versi mobile”, begitu kata mba Eka saat ngobrol bareng lewat BlackBerry Messenger. MAK JLEB! Gue pun hanya bisa ngikik kecil pada saat itu :D. Apa yang dibilang mbak Eka memang ada benarnya juga, Blog ini terasa berat saat diakses menggunakan telepon genggam. Setiap load menggunakan ponsel BlackBerry, ukurannya tak kurang dari 300 KB per page! 😆

Tanpa berpikir panjang, akhirnya gue coba browsing di internet. Gue googling satu per satu, mencari plugins WordPress versi mobile yang bagus dan FREE! :mrgreen:.  Dari sekian banyak plugins yang dapat membuat tampilan blog WordPress versi mobile (MobilePack, WPtouch, WordPress Mobile Edition, dll), akhirnya pilihan hati gue jatuh pada plugins MobilePress. Selain terlihat simpel, hasil postingan yang ditampilakan oleh plugins ini juga terlihat rapih, dimana teksnya bisa dibuat mode Align Full atau sejajar :D.

Oh..ya, ada dua hal yang tidak gue senangi dari thema standar plugins ini, yakni warna dan navigasi Blog Pages yang berada dibagian bawah. Oleh karena itu, gue pun coba mengutak-atik plugins ini hingga sesuai dengan yang gue harapkan. Setelah seharian full mengopreknya, hasilnya pun menjadi seperti ini :

Sebelum Dipermak :
Plugins MobilePress

Setelah Dipermak :
WordPress Mobile

Buat yang masih penasaran, silahkan aja kunjungi m.narzis.net melalui ponsel, desktop atau pun laptop. Selamat berselancar di Narzis Blog versi mobile! :mrgreen:

Gambar pertama dicopot dari sini