Tau kan komputer tablet? Nah, komputer tablet saat ini sedang booming-boomingnya. Tak hanya di Indonesia saja, di luar negeri pun demikian. Kalau gak percaya, coba deh tengok di sekeliling kamu, pasti diantaranya ada yang punya komputer tablet. Paling tidak 1-2 orang ada yang punya. Tapi kalo emang nggak ada, jangan salahkan gue! 😆

Komputer tablet seperti iPad, Samsung Galaxy Tab, BlackBerry Playbook, HTC Flyer, Asus Ee Pad Transformer, Motorola Xoom, Dell Streak, Acer Iconia Tab, IMO Tab, dll., semuanya memberikan “iming-iming” tersendiri bagi para penggunanya, mulai dari fitur, desain, dan juga sistem operasi. Tapi yang juga gak ketinggilan adalah harga yang bervariatif. Ada yang terjangkau, ada pula yang sulit dijangkau! :mrgreen:

Tablet Sang Idola
Tablet atau Kapsul? 😆

Tapi tunggu dulu, bukan itu yang akan gue bahas (fitur, desain, sistem operasi, dan harga)! Yang akan gue bahas kali ini adalah dari sisi usernya, yakni pengguna dari komputer tablet tersebut. Dari kacamata pribadi gue, ternyata ada beberapa tipe pengguna komputer tablet ini lho! Kira-kira apa saja ya? Penasaran? Cekidot guys!

1. Ikut-ikutan
Ternyata banyak juga yang membeli komputer tablet hanya karena ikut-kutan semata. Yaa, itung-itung biar kelihatan eksis dan nggak ketinggalan jaman kali ya? :mrgreen:.
Contoh kasus :

  • Si A, B, C, dan D beli iPad 2. Nah, si E gak mau kalah juga dong! Keesokan harinya, si E ikutan beli iPad 2. Namun beberapa hari kemudian, iPad 2-nya malah dianggurin begitu aja. Banyak duit kok yaaaa! 😀

2. Game
Kalo yang satu ini sudah tidak asing lagi. Yoi, banyak orang yang membeli komputer tablet hanya untuk memenuhi kegilaannya dalam bermain game. Tak jarang, homescreennya dipenuhi dengan berbagai shortcut / icon game. Puluhan atau bahkan ratusan game mulai dari Angry Bird, Call of Duty, Banana Split, Zuma, dll, semuanyaaaa ada! Hadeuh, ini komputer tablet atau portable game sih?! 😛

3. Profesionalitas
Kalo yang satu ini lain lagi. Komputer tablet digunakan untuk hal-hal yang sifatnya lebih serius, misalnya aja untuk membuat dokumen, browsing, presentasi, dll yang dilakukan secara mobile. Intinya sih untuk menunjang aktifitas kerjanya sehari-hari. Umumnya yang tergolong dalam kategori ini adalah orang-orang kantoran.

4. Gengsi
Ada lho yang beli komputer tablet untuk menjaga / menaikkan gengsi. Bahkan saking gengsinya, untuk mendapatkan komputer tablet tersebut sampai bela-belain ngutang segala! “Yang lain aja bisa beli, masa guenya kagak? Apa kata duniaaa?”. Hmm, pengen punya tablet kok mesti dibawa susah :D.

5. Pamer
Yup, memiliki komputer tablet itu seakan-akan punya magnet tersendiri, yakni terlihat “WAH” bagi para pemiliknya. Saking “WAH”-nya, tak heran kalau banyak orang yang membeli komputer tablet hanya untuk ajang pamer-pameran.
Contoh kasus :

  • Si tablet selalu dijinjing / ditenteng setiap kali pergi sambil diutak-atik di tengah jalan, seakan-akan sedang sibuk melakukan sesuatu yang ternyata tidak sama sekali :P.

Sekedar info, umumnya hal tersebut dilakukan di tempat yang cukup ramai. Rugi dong pamerin tablet di tempat yang sepi, ntar nggak ada yang lihat :P.

Eits, nggak ada yang salah kok dengan itu semua. Sah-sah aja komputer tabletnya mau diapain aja, lha kan bukan punya gue :D. Tapi sekedar saran, baiknya sih sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Kalo emang belum butuh, ya gak perlu dibeli. Kalo belum punya duit, ya gak perlu dipaksain juga. Bener nggak? 😉