Sebagai pengguna Windows Phone, tentu dukungan berbagai aplikasi sangat dibutuhkan, terutama aplikasi sosial media seperti Facebook, Twitter maupun Instagram. Namun untuk Instagram, sangat disayangkan memang ketika perusahaan yang telah diakuisisi oleh Facebook ini masih belum juga menghadirkan aplikasi resminya untuk sistem operasi besutan Microsoft. Eits, tapi tunggu dulu! Masih ada aplikasi pihak ketiga yang bisa kita gunakan untuk berbagi foto maupun video pendek di akun Instagram milik kita. Nah, aplikasi tersebut adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Rudy Huyn, yakni 6tag.

Buat gue pribadi, 6tag adalah aplikasi Instagram terbaik yang pernah gue gunakan di ponsel Lumia gue. Bahkan bila dibandingkan dengan aplikasi Instagram yang gue gunakan di iOS, bisa gue pastikan 6tag tetap masih yang terbaik. Oh ya, sebagai aplikasi Instagram, 6tag sudah mendapatkan sertifikasi langsung dari pihak Instagram. Jadi, kita sebagai pengguna nggak perlu khawatir lagi akan keamanan akun Instagram milik kita.

Buat yang penasaran seperti apa wujud 6tag di Windows Phone, berikut penampakannya 😀

6tag, Aplikasi Instagram di Windows Phone

6tag, Best Instagram Client for Windows Phone

6tag menghadirkan dua pilihan desain yang dapat kita gunakan, yakni Modern maupun Polaroid. Pada desain Modern, 6tag memberikan dua pilihan tema, yakni Light Theme maupun Dark Theme.

Dua Pilihan Desain di 6tag

2 Pilihan Tema Modern, Dark dan Light

Untuk fitur utamanya, 6tag dapat kita gunakan untuk berbagi foto maupun video singkat layaknya aplikasi Instagram resmi di perangkat iOS maupun Android. Perbedaannya, untuk berbagi foto, 6tag menghadirkan 20 filter tersendiri, yakni XPro-II, Earlybird, Rise, Amaro, Hudson, Lo-fi, Sutro, Toaster, Brannan, Inkwell, Walden, Hefe, Nashville, 1977, dll! Seluruh filter foto tersebut juga menghadirkan pilihan border yang sangat menarik. Oh ya, 6tag juga menyediakan fitur sharing ke jejaring sosial lainnya seperti Facebook, Twitter, Foursquare, Tumblr, Flickr dan juga VK.

Fitur lainnya yang tak kalah menarik adalah Regram. Yup, layaknya fitur Repath di Path ataupun Retweet di Twitter, di 6tag kita juga bisa melakukan hal serupa. Hmm, kayaknya nggak perlu gue jelasin secara panjang lebar kan ya? :mrgreen: Berbeda dengan aplikasi resmi Instagram di iOS, di 6tag kita bisa lho mengunduh foto yang di share oleh pengguna Instagram lainnya. Keren banget kan? 😀 Eiitts, tapi ingat ya, jangan sampai disalahgunakan foto-foto tersebut 🙂

Berbagai Fitur Menarik di 6tag

Selain fitur-fitur tersebut, 6tag juga telah menghadirkan fitur Live Tiles. Jadi, informasi seputar akun Instagram milik kita, seperti notifikasi pertemanan, like, foto maupun video terkini yang di share di Instagram semua akan ditampilkan secara up-to-date di Home Screen.

2 Pilihan Live Tile di 6tag

6tag dapat kamu download secara GRATIS di Windows Store lho! Hanya saja pada versi gratis, ada iklannya, hihihi… Kalo pengen terbebas dari iklan, kamu bisa kok membelinya hanya dengan $1.29. Tenang, untuk dapat membelinya kamu bisa menggunakan pulsa, jadi nggak perlu khawatir ketika belum memiliki akun PayPal maupun kartu kredit. Simpel banget kan? 😀 Oh ya, untuk saat ini 6tag hanya tersedia bagi pengguna Windows Phone 8. Jadi bagi pengguna Windows Phone versi dibawahnya, sayang masih belum dapat menikmati aplikasi keren ini. Oke guys, selamat mencoba! 🙂